Analisa Tulisan Tangan Sebagai Salah Satu Alat Kontrol Kejujuran

Kejujuran Adalah Karakter Utama Dan Pertama Dalam Pertemanan Atau Bermitra Bisnis

Kejujuran dalam pergaulan atau bermitra bisnis adalah hal yang sangat penting untuk kelanggengan pertemanan dan bermitraan. Kejujuran hendaknya dibentuk dan dibimbing semenjak masih kecil, sehingga ketika dewasa sudah menjadi karakter sebagai orang yang jujur, berkata benar dan tidak berkata bohong.
Untuk membimbing anak menjadi anak yang jujur, berkata benar, ada beberapa yang harus dilakukan, yaitu :

  • Pemahaman Arti kejujuran

Jujur adalah perbuatan baik dan karakter awal yang harus dimiliki dalam pergaulan. Dengan jujur orang lain akan percaya kepada kita. Berikan contoh terbaik, manusia yang paling menjaga kepercayaan orang lain, yaitu Nabi Muhammad SAW. Karena kejujuran dan selalu berkata benar, Beliau mendapat gelar dari kaum Quraisy, yaitu Al Amiin, orang yang sangat bisa dipercaya. Beliau dipercaya untuk menyelesaikan perselisihan antar kafilah dalam pemindahan batu Hajar Aswad ke tempat semula di Ka’bah. Beliau juga mendapat kepercayaan penuh untuk memimpin perniagaan besar milik saudagar kaya raya Khodijah.
Untuk menjadi orang yang jujur, semenjak masih kecil dibiasakan berkata benar, beri anak kesempatan berkata apa adanya dan sebagai orang tua tidak langsung memarahinya walau yang dilakukan anaknya tersebut tidak benar. Baru setelah menceriterakan apa adanya, sebagai orang tua mengucapkan terimakasih atas kejujurannya tersebut dan setelah itu memberi masukan atau nasehat bahwa perbuatannya tidak benar dan tidak boleh dilakukan kembali. Orang tua juga harus memberikan contoh berkata benar dan menepati janji baik ketika dengan orang lain dan juga kepada anaknya.

  • Beri anak pujian atas kejujurannya

Beri anak pelukan dan pujian atas kejujurannya mengakui kesalahan dirinya. Bangunkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perbuatanya.

  • Beri rasa aman untuk berkata benar

Ketika anak berkata bohong karena takut dimarahai, janganlah langsung memarahinya. Tapi, berikanlah pelukan dan cinta kasih Anda pada anak. Sehingga anak akan merasa nyaman dengan Anda. Hingga dia pun akan mencoba untuk tidak berkata bohong lagi.

  • Pendidikan agama

Menanamkan pendidikan agama sejak kecil merupakan cara terbaik untuk mengajarkan kejujuran. Banyak sekali pelajaran agama yang berkaitan dengan perilaku jujur dan memberikan pengertian bahwa berbohong itu perbuatan dosa yang sangat tidak disukai oleh Allah. Pembekalan seperti ini sangat penting untuk mengajarkan anak agar selalu berkata jujur.

  • Berkumpul dengan teman yang jujur

Jika teman-teman anak Anda berbohong dan menipu, kemungkinan besar bahwa anak Anda pun akan seperti mereka. Tapi kalau teman-teman anak Anda terhormat dan jujur, maka putra atau putri Anda akan cenderung menjadi sama. Ajarkan anak Anda untuk bergaul dengan anak-anak lain yang jujur dan dapat dipercaya.

Namun seiring bertambahnya usia, anak tumbuh besar dan pergaulan semakin luas, sedangkan intensitas komunikasi semakin berkurang, orang tua harus tetap menjaga dan mengontrol agar anaknya tetap dalam kejujuran, berkata benar dan tidak suka berbohong.

Orang tua perlu mempunyai alat kontrol apakah anaknya berkata jujur atau suka berbohong. Ada beberapa uji misalkan dengan melihat respon dia saat ditanya, body language, atau dengan melihat gerakan bola mata ketika menjawab pertanyaan, atau dengan melihat tulisan tangannya (grafologi).
Dengan melihat tulisan tangan anaknya, oang tua bisa mengetahui karakter anaknya apakah suka berbohong atau tidak, tanpa melakukan tes tanya jawab langsung (face to face). Dengan analisa tulisan tangan juga si anak tidak merasa dirinya sedang di awasi atau merasa dirinya sudah mulai tidak dipercaya lagi orang tuanya.

Orang yang suka berbohong

 

Trait Deceptiveness

Apa saja tanda-tanda tulisan tangan (trait) yang menunjukkan orang suka berbohong atau tidak? Dalam grafologi ada beberapa trait yang menunjukkan karakter orang suka berkata bohong atau tidak, salah satunya adalah deceptiveness.
Orang yang tulisan tangannya mempunyai trait deceptiveness mempunyai karakter dia berusaha dengan cara berkata bohong, menipu atau bermain curang dalam mencapai tujuannya. Untuk melindungi dirinya dari serangan atau pertanyaan-pertanyaan tentang dirinya, dia suka berkata berbohong, beda apa yang dia lakukan dengan yang dia ucapkan. Banyak mencari alibi yang digunakan untuk menyelamatkan dirinya.
Terhadap orang ini sebaiknya harus hati-hati bila berteman dengannya dan hindari bermitra bisnis dengan orang deceptiveness ini. Sangat beresiko melakukan kerjasama atau perjanjian dengan orang ini.
Apabila diketahui tulisan anak ada trait deceptiveness, orang tua perlu segera membimbing anaknya dengan pendidikan agama yang kuat agar kembali jujur, berkata benar, tidak berbohong.

Keep Your Handwriting

Alpha Graphology Center

 

Graphology center, konsultan grafologi, mengetahui kepribadian, jasa analisa tulisan tangan, mengetahui bakat, mengenal karakter diri, pilih jurusan sekolah, pilih karier pekerjaan, tanda tangan, mengetahui kekuatan dan kelemahan diri.

 

 

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *